Selasa, 10 Juni 2008

Cegah Pemalsuan Sejak Dini


Miris memang apabila kita menyaksikan pemalsuan dan cara2 manipulasi thd suatu produk yg dilakukan oleh oknum2 yg tidak bertanggung jawab hanya untuk sekedar meraup keuntungan semata tanpa memeperhatikan dampak bagi kesehatan.Modus pemalsuannya pun sudah tergolong canggih mulai dari cara pembuatan sampai cara distribusinya, maka tak jarang barang2 yg ASPAL kerap kali kita jumpai di supermarket2 besar diperkotaan.

Untuk mencegah tindakan2 yg tidak terpuji tsb, mungkin kita sebagai konsumen dan pengguna seharusnya bisa memotong mata rantai pemalsuan suatu produk, Misalnya merusak bekas botol atau kemasan suatu produk supaya tidak bisa digunakan lagi oleh pemalsu (Lihat Gambar 1&2). Cara ini sangat efektif untuk memutus mata rantai pemalsuan, karena dasar dari pemalsuan produk adalah pengadaan kemasan yg asli dan hal ini dapat dilakukan oleh pelaku pemalsuan dari menggumpulkan kemasan2 asli yg dicari di pengepul atau pemulung. Apabila langkah ini sudah kita dilakukan setidaknya kita telah mempersulit gerak para pelaku pemalsuan.

Trik diatas adalah satu dari sekian cara untuk meminimalisir pemalsuan, mengingat para pemalsu dari hari ke hari semakin gigih dalam beraksi. Yang kita butuhkan sekarang adalah kewaspadaan dan segera melaporkan apabila kita dapati barang palsu ke pihak2 yg bersangkutan.